Senin, 05 Mei 2014

Pesona Cantik Gunung Arjuna

Wisata gunung selanjutnya yang patut dikunjungi tetap di kota Malang,  Gunung Arjuna.  Pesona Gunung Arjuna seakan tak pernah habis untuk di ekplorasi. Gunung api tua dan sudah tidak aktif ini menyimpan berbagai keindahan mulai dari wisata alam, budaya, hingga wisata arkeologi. Yang terakhir disebut merupakan salah satu pesona peninggalan budaya zaman kerajaan Majapahit.

Gunung Arjuna dengan ketinggian 3.339 mdpl, sejak jaman Majapahit sudah dijadikan tempat pemujaan. Dilereng-lereng gunung Arjuna yang berketinggian 3.339 mdpl tersebut banyak terdapat arca maupun candi peninggalan kerajaan Majapahit. Situs kuno dan bersejarah ini berserakan mulai dari kaki gunung sampai puncak gunung Arjuna. Di samping tingginya yang telah mencapai lebih dari 3000 meter, di gunung ini terdapat beberapa objek wisata. Salah satunya adalah objek wisata air terjun Kakek Bodo yang juga merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak Gunung Arjuno.


Ada empat jalur yang bisa ditempuh menuju puncak Gunung Arjuna dan Gunung Welirang yakni sebagai berikut : 1. Jalur Tretes  2. Jalur Lawang 3. Jalur Batu. Gunung Arjuno dapat didaki dan berbagai arah, arah Utara ( Tretes ) melalui Gunung Welirang, dan arah Timur (Lawang) dan dari arah Barat (Batu-Selecta), dan arah selatan ( Karang Ploso ) juga dari Sumberawan, Singosari. Desa Sumberawan adalah desa pusat kerajinan tangan di kecamatan Singosari

  Malang dan merupakan desa terakhir untuk mempersiapkan diri sebelum memulai pendakian. Bisa juga melewati Purwosari yang lebih gampang dilewati, karena hanya setengah jam dari jalan raya dan langsung sampai di Tambakwatu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar